Rabu, 07 Desember 2016

#seminar_dan _pelatihan: Anak, Teori belajar, dan Kurikulum


Seminar & Pelatihan Guru-guru PELNAP GPdI
Ketapang dan cabang                         
Oleh Pdt. Hanniel Jehoshua vd Krogt, S.Th., M.Pd.K, D.Th.





Konsep “Anak” dalam Alkitab

• Dilahirkan menurut rupa dan gambar ayahnya (Kej.5:3)
• Hidup dalam “warisan ajaran” orang tuanya (Kej.18:19 / Ul.6:7).
• Tipologi dari “Milik TUHAN” berdasarkan pada Perjanjian Paskah (Kel.4:22-23), Perjanjian Garam (2 Taw.13:5  –– 2 Sam.7:12-19).
• Buah Pernikahan sejak Perintah pertama kepada Adam (Kej.1:28), suara kenabian terakhir untuk Israel (Mal.2:15) dan diteguhkan dalam suara kerasulan untuk Gereja Perjanjian Baru (Rm.8:19-23).


Hati Allah terhadap Anak
•Cerdas, menyenangkan & jadi kesukaan (Ams.8:30). •LAI : “kesayangan” – Ibr : “amon” – Grk : “join”. •LAI : “kesenangan” – Ibr : “saasuim” – Grk: “Prosexairen”. •LAI : “bermain-main” – Ibr : “mesaheqet” – Grk : “euphrainomen”.
•Ams.8:32 – LAI : “dengarkanlah aku … memelihara” [Ibr : sama’ & samar]  = memperhatikan … 
 memperoleh berkat menggembala.

Hati Yesus terhadap anak
•Memberikan roti (Mat.15:26).
•Menerima (mengabdi) untuk melatih kerendahan hati (Mat.18:4-5). • LAI: “menyambut” –– Grk: “Dekhomai”   penerimaan karena suatu proses “bukti kerja” (Yoh.4:45);                       suatu “masa kerja” sampai ukuran pemenuhan atau kelengkapan tertentu (Kis.3:21 & 7:38).

Respons & Tanggung jawab
• Mencerdaskan - Menjadikan anak suatu kesayangan.
• Menggembalakan - timbal balik “perhatian & memperhatikan” agar anak yang kita bimbing (ajar) dapat mewariskan ajaran tsb kepada orang lain.
• Bekerja / melayani - memperlengkapi anak sampai suatu ukuran pemenuhan atau kelengkapan tertentu.

Tujuan Pembelajaran
 • Memahami peran anak dalam perspektif Alkitab (teologis) dan perspektif sosialnya.
 • Memahami peran pembimbingan terhadap anak dalam cakupan pengetahuan alkitab (pengenalannya akan Tuhan) serta pengetahuan kepribadian dan sosial sebagai ‘bekal’ di masa depannya dalam mengaktualisasikan tujuan hidupnya. 
• Memahami metode pembimbingan yang kontekstual dan memahami metode “pewarisan ajaran” yang secara proporsional tertuang dalam “rencana pembelajaran” (kurikulum katekisasi).


Lihat kelanjutannya di  video

Sesi  1 : Anak  : Kedudukan  dan  kehidupannya  di  hadapan Tuhan  sesuai kesaksian Alkitab 





Sesi  2 dan 3  : Anak (Memahami Dunianya dalam kelompok sosial dan  kebutuhannya  sesuai  tahap tahap perkembangan  kepribadian)  dan  Teori  Belajar (berdasarkan  CIP (  Cognitive Information  Processing))





Sesi 4 : kurikulum Sekolah Minggu 



====================================================================

Berikut adalah Materi Pelajarannya :





...........................................................................................................................................................